Kamis, 29 Januari 2015

Jurnalisme Era Digital

0




Judul Buku   : Jurnalisme Era Digital (Tantangan Industri Media Abad 21)
Penulis         : Ignatius Haryanto
Penerbit      : Penerbit Buku Kompas
Terbitan      : 2014
Tebal           : 254 halaman



“Pers dan teknologi, merupakan satu kesatuan yang saat ini menjadi wacana yang sangat luar biasa di kalangan para pemerhati pers”…

Kumpulan esai peneliti media Ignatius Haryanto yang semua ditulis dengan cermat namun ringkas. Mengupas berbagai persoalan jurnalistik, mulai dari perkembangan media dan kemunculan media baru, fenomena kepemilikan media oleh para politisi, hingga masalah kebebasan informasi.

Tantangan kebebasan pers saat ini tidak lagi sekadar represi penguasa seperti di era otoritarianisme. Perkembangan teknologi khususnya internet telah menjadi tantangan baru yang menakutkan. Tidak bisa dipungkiri, perkembangan teknologi telah mengubah secara mendasar struktur organisasi media sampai pola kerja jurnalistiknya. Dan ini juga berimplikasi pada perubahan cara masyarakat mengakses dan mengonsumsi berita.

Ignatius Haryanto menggarisbawahi bahwa pemberitaan media kini kerap tampil secara bias, mengesampingkan isu-isu yang penting bagi publik namun justru mengedepankan kepentingan para pemilik media (halaman 41). Hari-hari menjelang pemilihan presiden yang lalu membuat kita melihat keberpihakan media kepada para pemiliknya.

Sebagai salah satu buku yang mengkritik peran pers dalam memberikan informasi di era digital seperti sekarang. Banyak persoalan yang membuat pekerjaan rumah bagi pers, dan dewan pers sebagai salah satu lembaga yang menjamin kemerdekaan pers. Sebagai salah satu buku yang baru, tentunya buku ini memiliki wacana yang masih hangat dalam penulisan buku ini, dan juga dapat menjadi referensi bagi Masyarakat Umum, Mahasiswa,  Akademisi dan Pengamat media.

0 komentar:

Posting Komentar

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com