Minggu, 02 Agustus 2015

LAPORAN KUNJUNGAN RADIO “102,7 FM RADIO TELSTAR MAKASSAR ”

0



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara).

Radio adalah media massa elektronik tertua dan luwes. Selama lebih dari satu abad, radio siaran telah berhasil mengatasi persaingan keras dengan bioskop, rekaman kaset, televisi, tv, games, dan personal cassette players. Keunggulan radio siaran adalah berada dimana saja: di tempat tidur, mobil, jalanan dan berbagai tempat lainnya. Radio memiliki kemampuan menjual pada khalayak bagi pengikan yang produknya dirancang khusus untuk khalayak tertentu.
Radio Radio Telstar  Makassar adalah radio yang terletak di jalan Ali Malaka Nomor 26. Radio Telstar adalah radio yang segmentasinya khusus untuk keluarga, yang bertujuan untuk menjadikan radio ini sebagai radio keluarga terbaik dan terpercaya dengan program acara yang edukatif, informativ, dan menghibur.
B.     Tujuan
1.      Mengetahui sejarah terbentuknya Radio Telstar
2.      Mengetahui stuktur Organisasi Radio Telstar
3.      Mengetahui tugas dan peran unit kerja dalam Radio Telstar
4.      Mengetahui segmentasi pendengar Radio Telstar
5.      Mengetahui program-program acara Radio Telstar
6.      Mengetahui Manajemen iklan di Radio Telstar



BAB II
PEMBAHASAN


A.    Sejarah Radio Telstar Makassar
Latar belakang pendirian radio Telstar, bermula dari hobi sekelompok anak muda Makassar di era 60an akan dunia elektronik khususnya pemancar radio amatir yang saat itu dikenal dengan istilahradam yang kemudian diwujudkan dalam bentuk siaran radio yang mulai mengudara pada bulan September 1970. Karena baru sebatas hobi dan tidak dikelola secara baik, radio Telstar yang awalnya mengudara di jalur AM, mengalamibeberapa kali perpindahan lokasi studio. Dalam perjalanan selanjutnya, radio Telstar mendapat apresiasi yang sangat baik dari masyarakat Makassar, sehingga para pendiri radio Telstar memutuskan untuk mengelola radio ini secara professional, seiring dengan kebijakan pemerintah saat itu yang menuntut radio siaran harus dikelola oleh sebuah badan usaha berbentuk PT. Tanggal resmi sebagai PT itulah kemudian dijadikan momentum awal pendirian Radio Telstar secara resmi. Dengan hadirnya radio Telstar dalam industry penyiaran di Kota Makassar, diharapkan masyarakat mempunyai sumber informasi dan hiburan yang positif, mendidik dan dapat dipercaya.

B.     Struktur Organisasi




 
C.   Tugas dan peran unit kerja dalam Radio Telstar
Dalam operasional perusahaan, unit-unit kerja PT. Radio Terminal Suara Lestari memiliki uraian pekerjaan sebagai berikut:

1.      Direktur
-          Bertanggung jawab atas keseluruhan proses operasional, penerapan strategi, pencapaian hasil serta pengelolaan sumber daya manusia, dana, sarana/perangkat keras dan lunak dan teknologinya.
-          Melaksanakan fungi manajemen meliputi perencanaan, pengorganisasian seluruh sector kegiatan, komunikasi, pengendalian.
-          Melaksanakan tugas-tugas kepenanggungjawaban meliputi proses perizinan, hubungan dengan instansi sipil/militer, urusan organisasi atau asosiasi, dampak siaran dan aspek sekuritas kegiatan.
-          Melaksanakan tugas HRD, meliputi konseling dan pemberdayaan SDM.

2.      Tehnical Support
-          Penguasaan seluruh perangkat keras dan lunak yang berhubungan langsung ataupun tidak langsung dengan proses penyiaran.
-          Bertanggungjawab atas kelancaran perangkat teknis operasional siaran khususnya yang berhubungan dengan aktifitas on air.
-          Mengontrol kualitas modulasi siaran, pancaran dan penerimaan siaran di masyarakat.
-          Membuat laporan teknis secara periodic.

3.      Program director
-          Bertanggungjawab atas pengaturan penyelenggaraan siaran mulai dari scheduling, eksekusi sampai pelaporan.
-          Bertanggungjawab atas terjaganya format siaran.
-          Melakukan supervise dan mencermati kinerja music director, news director/editor, production, penyiar, dan reporter.
-          Mencermati perkembnagan, mewaspadai competitor dan mengambil langkah antisipasi bila perlu.
-          Mengreasi dan melaksanakan pengembangan program.

4.      Marketing Manager
-          Merancang, mengatur strategi marketing dan melaksanakan bersama tim marketing yang ada.
-          Memimpin tim marketing sales, mengelola dan memimpin penetrasi pasar secara optimal.
-          Menyiapkan perangkat sales, mengelola dan memimpin tim kerja sales.
-          Menciptakan, dan mengembangkan sales format terutama setelah menganalisa competitor dan kondisi pasar potensial.
-          Menetapkan target dan prioritas penjualan, penekanan focus aktifitas sebagai acuan kerja utama.



5.      Marketing
-          Melakukan penetrasi pasar secara optimal dan menjaga hubungan baik dengan mitra kerja.
-          Membaca keinginan pasar dan memberikan masukan terhadap proses kreatif perusahaan.
-          Mengokohkan segala macam bentuk aktifitas penjualan secara procedural.
-          Melakukan aktifitas penagihan keuangan atas kerjasama dengan mitra yang sudah berjalan.

6.      ADM dan Finance Manager
-          Mengelola administrasi dan keuangan perusahaan dengan cara yang tepat.
-          Melakukan supervise atas kinerja radio support dan traffic order.
-          Menyusun rancangan arus kas perusahaan.
-          Mengawasi dan memastikan keabsahan penerimaan dan pengeluaran harta perusahaan.
-          Memastikan kebenaran atas pencatatan, klasifikasi dan resume data yang dibuat.
-          Ikut serta dalam penyusunan tariff bersama departemen marketing dan direksi.
-          Membuat sales report yang dilampiri dengan bukti kwitansi.

7.      Music Director
-          Bertanggungjawab atas fungsi control dan pengarahan akan musik atau lagu yang disiarkan termasuk kontinuitasnya dan warna sesuai segmentasi.
-          Menyeleksi semua musik atau lagu yang masuk dari perusahaan rekaman.
-          Menentukan materi program tangga-tangga lagu.
-          Mengikuti perkembangan musik dan lagu.
-          Menjaga dan memberdayakan hubungan baik dengan perusahaan rekaman.

8.      News Director/Editor
-          Bertanggungjawab atas kontinuitan dan produksi program siaran berita.
-          Supervise dan editing naskah siaran kata.
-          Mengambil keputusan atas kelayakan pemberitaan dan naskah sebelum di udarakan.
-          Bekerjasama dengan bagian produksi dalam menghasilkan produk-produk siaran yang berkualitas.

9.      Creative
-          Mendukung aktifitas dan produksi yang dikerjakan departemen program.
-          Membuat naskah iklan atau adlib.
-          Mendukung aktifitas pengembangan program.

10.  Traffic Order
-          Bertanggungjawab atas pengaturan space space iklan berkaitan dengan kegiatan on air.
-          Menyusun jadwal penyiaran iklan/adlib.
-          Menyusun dan mencetak agenda iklan.
-          Bertanggungjawab atas penyediaan informasi tentang iklan/ adlib untuk bulan yang sedang berjalan.
-          Meyiapkan materi iklan/adlib yang akan disiarkan.
-          Melakukan pengarsipan materi iklan dan spot.

11.  Production/ Recoding
-          Melakukan aktifitas produksi periklanan dalam bentuk spot.
-          Melakukan editing terhadap materi-materi siaran yang akan disiarkan.
-          Mendukung sepenuhnya aktifitas music director dan program pemberitaan.
-          Mendokumentasikan semua hasil siaran.
-          Menghasilkan produk spot iklan yang berkualitas.

12.  Radio Support
-          Menjaga dan mengawasi ketertiban dan situasi umum kantor
-          Mendukung aktifitas departemen administrasi dan keuangan.
-          Menyampaikan laporan tentang segala peristiwa yang menyangkut urusan perusahaan.
-          Bertanggungjawab atas aktifitas Front Office.

13.  Host
-          Bertanggungjawab atas kelancaran operasional siaran yang berkaitan dengan tugas kepenyiaran/ reporter.
-          Menjaga konsistensi air personality, positioning dan gaya siaran yang komunikatif, akrab dan ekspresif.
-          Mengkomunikasikan materi siaran sampai ke pendengar dengan kesadaran tinggi.
-          Membuat catatan hasil siaran.
-          Menjaga kelancaran pasokan berita atau materi siaran sesuai jadwal yang ditetapkan.

14.  On Air Operator
-          Membantu kelancaran aktifitas on air
-          Menerima dan menyaring telepon untuk program siaran interaktif
-          Mencatat semua masukan yang diterima dari pendengar.



D.    Segmentasi Pendengar Radio Telstar Makassar




E.     Program-program acara Radio Telstar
PROGRAM ACARA RADIO TELSTAR FM (2015)
-         REGULER (EXISTING) PROGRAM
NO
PROGRAM
DESKRIPSI
1
PERMAI BARU
Waktu : Senin – Minggu, 05.00 – 06.00 (60 menit)
Format acara : Agama dan Pendidikan
Membahas permasalahan seputar agama islam dengan menjawab berbagai pertanyaan dari pendengar melalui SMS atau surat dengan narasumber seorang Uztad.
2.
PAGI INDAH
Waktu : Senin – Minggu, 06.00 – 09.00 (180 menit)
Target : 20-40 tahun/ keluarga
Format acara : hiburan dan informasi
Menyajikan lagu-lagu Indonesia & mancanegara popular, pembacaan headline Koran-koran lokal/nasional dan informasi actual seputar kota Makassar. Pendengar diajak berpartisipasi lewat telepon atau SMS untuk memberikan ucapan selamat ulang tahun atau peristiwa bahagia lainnya buat kerabat yang sedangbersiap-siap melakukan aktifitas.
3
BEKAS TAPI MULUS
Waktu : Senin – Sabtu, 09.00 – 10.00 (60 menit)
Target : 20-40 tahun/ Umum
Format acara : hiburan dan informasi
Menhadirkan informasi jual-beli/ kontrak rumah, mobil, motor, aneka barang kebutuhan sehari-hari, hingga penawaran jasa. Acara ini dibawakan secara santai penuh humor dan diselingi informasi menarik seputar kota Makassar.
4
MASALAH KITA
Waktu : Senin – Jumat, 10.00 – 11.00 (60 menit)
Target : 20-40 tahun/ Umum
Format acara : informasi
Membahas solusi dari berbagai masalah bersama narasumber yang professional dan berpengalaman (masalah etika dan keluarga, kesehatan, penyiaran public dan instansi pemerintah, maslaah pengobatan alternative, dan masalah hukum). Pendengar dapat berkonsultasi langsung melalui telepon atau SMS.

5
SIMFONI KELUARGA
Waktu : Senin – Sabtu, 11.00 – 13.00 (120 menit)
Target : 20-35 tahun/ Wanita
Format acara : hiburan dan informasi
Menhadirkan lagu indnesia popular berirama lembut tahun 90-2000an, disertai informasi menarik dan bermanfaat bagi kaum wanita, antara lain: informasi, kesehatan, fashion, tips dari balik dapur, dll.
6
PESONA MANDARIN
Waktu : Senin – Sabtu, 13.00 – 15.00 (120 menit)
Target : 15-35 tahun/ Umum
Format acara : hiburan
Memutar lagu mandarin popular tahun 90 – 2000an yang dipilih oleh pendengar via telepon dan SMS. Acara ini juga dilengkapi informasi menarik selebriti Mandarin
7
PESONA K-POP
Waktu : Senin – Sabtu, 15.00 – 16.00 (60 menit)
Target : 15-35 tahun/ Umum
Format acara : hiburan dan informasi
Memutar lagu korea popular yang dipilih oleh pendengar via telepon dan SMS. Acara ini juga dilengkapi informasi menarik selebriti dan budaya korea.
8
EKSPRESI
Waktu : Senin – Jumat, 16.00 – 18.00 (120 menit)
Target : 18-30 tahun/ Keluarga
Format acara : hiburan dan informasi
Acara ini menyajikan lagu Indonesia dan barat popular tahun 2000an, gossip dan info actual sambil mengajak pendengar membahas topic informasi actual seputar dunia selebriti dan informasi unik yang menambah wawasan.
9
TEMBANG KENANGAN
Waktu : Senin – Minggu, 18.00 – 20.00 (120 menit)
Target : 25-40 tahun/ Keluarga
Format acara : hiburan
Memutar lagu kenangan popular tahun 80 – 90 ansebagai teman anggota keluarga berisirahat di rumah selepas beraktifitas. Acara ini juga disertai informasi-informasi menarik mengenai artis yang dulu popular dimasanya.
10
INDOKU-INDOMU
Waktu : Senin – Jumat, 20.00 – 22.30 (150 menit)
Target : 15-25 tahun/ Remaja
Format acara : hiburan
Menghadirkan lagu Indonesia terbaru dan terpopuler bagi pendengar yang ingin mengikuti perkembangan musik indonesia, sambil mengirim pesat kepada keluarga atau sahabat via telepon dan SMS.
11
KIDUNG MALAM
Waktu : Selasa – Sabtu, 22.30 – 24.00 (90 menit)
Target : 15-35 tahun/ Umum
Format acara : hiburan
Menyajikan lagu bernuansa romantic untuk menemani istirahat malam pendengar diselingi informasi kesehatan popular dan info unik
12
LINTAS 102,7
Waktu : Setiap 30 menit (1-2 menit)
Target : 25-40 tahun/ Umum
Format acara : berita
Sekilas berita actual yang sumbernya diambil dari situs berita atau surat kabar.
13.
BULETIN TELSTAR
Waktu : Senin – Sabtu, 11.00 – 11.05 (10 menit)
Target : 20-40 tahun/ Umum
Format acara : Informasi
Sekilas berita actual untuk permasalahan kamtibnas yang terjadi di seputar kota Makassar.




-          WEEKEND PROGRAM

NO
PROGRAM
DESKRIPSI
1
TELPON (TERMINAL-PONSEL)
Waktu : Sabtu, 16.00 – 17.00 (80 menit)
Target : 15-30 tahun/ Keluarga
Format acara : informasi
Talkshow interaktif yang membahas permasalahan seputar handphone baik GSM maupun CDMA bersama nara sumber seorang praktisi.
2
SECANGKIR THE & KENANGAN
Waktu : Sabtu, 17.00 – 18.00 (80 menit)
Target : 30-45 tahun/ Keluarga
Format acara : hiburan
Menyajikan lagu-lagu kenangan popular tahun 60-70-an yang disertai kisah-kisah menarik di masa silam
3
MUSIC & MOVIE
Waktu : Sabtu & Minggu, 18.00 – 22:30 (150 menit)
Target : 18-35 tahun/ Umum
Format acara : hiburan & informasi
Acara ini khusus bagi para pecinta film dan musik.dilengkapi dengan informasi film BOX OFFICE selama sepekan,synopsis film-film terbaru dan lagu-lagu popular baik lagu Indonesia maupun mancanegara.acara ini juga diselingi kuis berhadiah menarik
4
FRESENTAR (FRIEND-NYA TELSTAR)
Waktu : Sabtu, 200 – 22:30 (150 menit)
Target : 15-25 tahun/ Remaja
Format acara : hiburan
Acara khusus untuk remaja yang ingin memperluas pergaulan dengan cara berkenalan antar sesame pendengar.disertai lagu-lagu Indonesia popular yang diselingi dengan informasi maupun tips-tips dalam menjalin persahabatan
5
PAGI INDAH SPESIAL
Waktu : Minggu, 06.00 – 09.00 (160 menit)
Target : 20-40 tahun/ keluarga
Format acara : hiburan & informasi
Acara ini menemani pendengar di hari minggu pagi dengan lagu,kutipan berita-berita menarik seputar kota Makassar dan informasi lifestyle.pendengar juga bisa bergabung untuk menyampaikan ucapan selamat untuk keluarga atau sahabat yang merayakan hari spesialnya.

6
BENGKEL KITA
Waktu : Minggu, 09.00 – 10.00 (60 menit)
Target : 18-30 tahun/ keluarga
Format acara : informasi
Menghadirkan konsultasi otomotif,termasuk kiat perawatan dan perbaikan kendaraan bermotor roda dua dan roda empat bersama narasumber praktisi otomotif dari Sekolah Menengah Kejurusan (STM) terkemuka di Makassar
7
20 TTI (20 TEMBANG TERPOPULER INDONESIA)
Waktu : Minggu, 10.00 – 12.00 (120 menit)
Target : 18-30 tahun/ keluarga
Format acara : hiburan & informasi
Menyejikan 20 lagu-lagu Indonesia terbaru dan terpopuler,disertai informasi menarik seputar penyanyi yang lagunya terpilih dalam jajaran tangga lagu 20 tembang terpopuler
8
PESONA ORIENTAL
Waktu : Minggu, 14.00 – 16.00 (120 menit)
Target : 18-45 tahun/ Umum
Format acara : hiburan
Menghadirkan lagu-lagu Mandarin,korea & jepang popular yang diselingi informasi seputar artis-artisnya.pendengar juga dapat mengirim salam buat keluarga atau sahabat tercinta via SMS
9
SUNDAY MUSIC
Waktu :Minggu, 16.00 – 18.00 (90 menit)
Target : 15-25 tahun/remaja
Format acara : hiburan

Pendengar dihibur dengan lagu-lagu Indonesia dan barat popular disertai informasi menarik & menambah wawasan seputar selebrity dunia
10
SIRAMAN ROHANI KATOLIK
Waktu : Minggu, 20.00 – 20.30 (30 menit)
Target : 18-45 tahun/ umat kristiani
Format acara : agama
Program yang mengangkat permasalahan seputar agama katolik yang bekerjasama dengan keuskupan gereja katolik Makassar
11
KLINIK RUMAH TANGGA BAHAGIA
Waktu : Senin , 22.00 – 23.00 (60 menit)
Target : 25-45 tahun/ Umum
Format acara : Informasi
Konsultasi langsung dengan nara sumber dokter pakar sekssologi via telepon atau sms seperta gangguan kehidupan seksual pasangan suami istri yang menghambat keharmonisan rumah tangga



-          PROGRAM RAMADHAN
1
TADARRUS TELSTAR
Waktu : Senin – Minggu, 02.00 – 03.00 (60 menit)
Target : 15-40 tahun/ Keluarga
Format acara : Agama dan Pendidikan
Pendengar diajak membaca ayatayat suci alquran via telepon. Pemenang terpilih akan mendapatkan hadiah dari sponsor
1
SAJIAN SAHUR
Waktu : Senin – Minggu, 03.00 – 05.00 (60 menit)
Target : 15-40 tahun/ Keluarga
Format acara : hiburan
Menyajikan lagu Indonesia popular sebagai hiburan saat bersantap sahur, diselingi tips berpuasa.
3
FARDHU (Fadillah Ramadhan Menanti Bedug)
Waktu : Senin – Minggu, 17.00 – 17.45 (45 menit)
Target : 15-25 tahun/ Keluarga
Format acara : Agama dan Pendidikan
Program ceamah, dan tanya jawab ustad dengan materi seputar ibadah ramadhan.

4
DIARY RAMADHAN
Waktu : Senin – Minggu, 04.45 – 18.10 (15 menit)
Target : 15-35 tahun/ Keluarga
Format acara : hiburan
Sandiwara radio berisi pesan-pesan keagamaan yang bersifat universal.
Program acara unggulan
-          Pagi Indah
-          Simfoni Keluarga
-          Ekspresi

F.      Proses Beriklan di Radio Telstar Makassar

96.0 FM RADIO TELSTAR MAKASSAR juga melayani kebutuhan para pemasang iklan. Dibawah kendali pihak Marketing”  RADIO TELSTAR MAKASSAR mewujudkan semua keinginan klien dalam mempromosikan produknya secara on air. beberapa iklan yang mereka peroleh dari usaha mencari, juga dari pihak pengiklan.

BAB III
PENUTUP


A.    Kesimpulan

Radio yang merupakan media massa elektronik memiliki keunggulan sebagai alat media massa yang memberikan banyak informasi. Radio Telstar Makassar adalah radio yang memilki ciri khas yang berbeda dari radio lainnya. Radio Telstar merupakan radio dengan segmentasi keluarga.
Radio yang memaksimalkan semua upaya dalam pembentukan keluarga yang ideal, yaitu keluarga yang bahagi, mapan secara ekonomis, pendidikan, social dan budaya, dalam kapasitas sebuah radio sebagai lembaga penyiaran. memberikan berkontribusi positif dan keuntungan bagi semua pihak yang terlibat sesuai dengan peran masing-masing.
Dari 25 program acara yang disiarkan ada 3 acara unggulan, yaitu pagi indah, simfoni keluarga dan ekspresi. Hal ini menunjukan bahwa pendengar lebih dominan mendengar radio telstar saat pagi hari sambil mereka beraktifitas.
Pekerjaan dalam radio Telstar telah dibagi sesuai peran masing-masing beserta tugas dan tanggungjawab, sehingga memungkinkan untuk pekerjaan berjalan dengan baik.

B.Saran

Frekuensi Radio Telstar FM menunjukkan kesetiaannya ke pada para pendengar sehingga Radio Telstar FM berusaha untuk memberikan hal-hal baru, informasi baru bagi para pendengar setia Radio Telstar FM. Radio FM diharapkan untuk terus lebih kreatif lagi, menjadi radio yang bisa memberikan kesetiaan bagi para pendengar, mengerti apa yang diinginkan pendengar radio, serta kreatif dalam menyajikan informasi.



0 komentar:

Posting Komentar

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com