Kamis, 10 Desember 2015

Analisis Majalah Nasional

0



A.    Tempo



1.      Nama Majalah                         : Tempo/ PT TEMPO INTI MEDIA Tbk
2.      Periode Terbit                         : Mingguan, Setiap Senin
3.      Segmentasi                              : Umum
4.      Jumlah Halaman:
-          edisi biasa 130 halaman.
-          Edisi khusus 224 halaman
5.      Jumlah Rubrik:
-          Prelude : rubrik ini merupakan pembuka yang terdiri dari halaman album, etalase, inovasi, dan kartun.
-          Laporan  Utama  :  laporan  utama  berisi  isu  besar  yang  digambarkan  dalam sampul.  Klasifikasinya  bisa  dari  ranah  hukum,  politik,  ekonomi,  atau bidang lainnya. Laporan ini terdiri dari beberapa berita. 
-          Nasional  :  rubrik  nasional  terdiri  dari  kolom  momen  dan  politik,  berisi informasi yang berasal dari dalam negeri.
-          Gaya  Hidup  :  rubrik  ini  berisi  berbagai  macam  informasi  gaya  hidup seperti media, kesehatan, sport, dan sebagainya. 
-          Seni : seni terbagi menjadi musik, seni rupa dan sinema.
-          Sains : rubrik sains berisi berbagai macam informasi ilmu pengetahuan.
-          Tokoh  :  rubrik  tokoh  menampilkan  sosok  para  tokoh  dengan  segala pencapaiannya.
-          Internasional  :  rubrik  ini  berisi  berbagai  informasi  yang  berasal  dari mancanegara.
-          Opini   :   rubrik   opini   berisi   tulisan-tulisan   wartawan,   kolomnis,   dan Goenawan Mohamad dalam halaman Bahasa, Catatan pinggir, Opini, dan Kolom
-          Ekonomi  dan  Bisnis  :  rubrik  ini  berisi  informasi  bidang  ekonomi  dan bisnis.
-          Hukum rubrik hukum berisi informasi peristiwa-peristiwa bidang hukum
6.      Karakteristik Majalah:

Majlaah Tempo edisi 23-29 November 2015 dengan judul PAPA MINTA SAHAM, menyajikan laporan utama : Ada Setya Di Kontrak Karya. Majalah Tempo Edisi kali ini juga menyajikan Transkrip pembicaraan Setya, Riza dan Maroof yang bahkan belum diperdengarkan pada masyarkat umum saat itu.
Berita yang disampaikan Tempo berbentu feature, namun berita tersebut dimuat dalam bentuk Laporan mendalam atau investigasi. Dengan motto “enak dibaca dan perlu” Tempo hadir dalam bentuk Jurnalisme sastrawi, yang membuktikan meskipun kasus yang dimuat kebanyakan kasus politik, pembaca akan nyaman membaca karena disajikan sedemikian rupa dalam konsep jurnalisme sastrawi.
7.      Analisa Layout (Sampul, Warna dan Desain) :
Pada cover, Tempo memuat gambar setya novanto yang seolah-olah sedang menghindar, Terbit dengan Judul PAPA MINTA SAHAM. Cover majalah Tempo nampaknya menggambarkan isi dari majalah tersebut, terkait kasus pencatutan nama Presiden

Selain cover yang menarik, majalah Tempo juga menyajikan infografis yang memudahkan pembaca untuk memahami isi berita, serta tata letak yang baik.



B.     National Geographic

1.      National Geographic/ PT KOMPAS GRAMEDIA
2.      Periode terbit              : Bulanan
3.      Segmentasi                  : umum
4.      Jumlah halaman           : 129 halaman
5.      Jumlah Rubrik :
-          Sain dan Teknologi. Konten ini berisi informasi seputar ilmu pengetahuan alam yang dikaitkan dengan perkembangan teknologi. Seperti, laporan hasil-hasil riset yang dilakukan oleh berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Jadi kita bisa melihat perkembangan sain dan teknologi yang berkembang di Indonesia khususnya dan internasional pada umumnya.
-          Budaya, Dalam konten budaya berisi berbagai laporan khas dari berbagai budaya di Indonesia. Dikemas dengan sangat menarik berikut dokumentasi berupa foto budaya setempat.
-          Arkeologi. Memuat ulasan-ulasan berbagai peninggalan arkeolog, berupa anatomi makhluk hidup seperti penemuan fosil hewan atau makhluk purba. Peninggalan huruf-huruf kuno dan bangunan-bangunan kuno.
-           Sejarah. Memuat informasi seputar data sejarah yang ada di Indonesia, seperti sejarah bahasa Indonesia, sejarah museum tertua, peninggalan-peninggalan masa kerajaan, serta peristiwa-peristiwa bersejarah.
6.      Karakteristis Majalah

Majalah ini ditujukan sebagai media informasi kepada masyarakat yang berisi ilmu pengetahuan dalam bidang geografi, selain itu majalah ini juga memuat isu lingkungan hidup disetiap terbitannya. Membahas sejarah alam semesta, penjelajahan, kehidupan liar, flora & fauna, peradaban, kebudayaan, ilmu pengetahuan populer dan konservasi alam, serta foto dari berbagai tempat menarik di belahan dunia.
melalui majalah National Geographic kita bisa melihat berbagai keindahan alam dari seluruh dunia. Untuk menarik para pembaca serta menghilangkan dahaga bagi para pencinta Geografi, majalah National Geographic versi Indonesia melakukan berbagai hal. Ini dilakukan tidak saja untuk menarik perhatian pembaca, tetapi juga untuk memberikan informasi yang bagus seputar dunia wisata kepada pembaca.
7.      Analisa Layout
Gambar/foto. Dalam setiap peluncurannya, majalah National Geographic selalu menyuguhkan gambar-gambar menarik yang tidak biasa. Gambar tersebut biasanya mewakili isi yang terkandung dalam majalah National Geographic Indonesia setiap bulannya.

Gambar pada sampul National Geographic Indonesia juga tidak melulu bertemakan lingkungan geografis, tanaman serta hewan. Gambar tokoh seperti Soekarno, atau pegulat wanita asal Bolivia juga pernah menghiasi sampul National Geographic Indonesia. Seperti pada Majalah NatGeo edisi Desember Kali ini mengangkat tema Tentang Bunda Maria, Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia.




C.    Intisari

1.      Intisari/ PT KOMPAS GRAMEDIA
2.      Periode Terbit             : Bulanan, Kamis Pertama
3.      Segmentasi                  : Umum/Keluarga
4.      Jumlah Halaman          : 196 Halaman
5.      Jumlah rubric               :
-          Kilas, rubric berisi hal-hal seputar data dan fakta.
-          Wellness, mengenai kesehatan.
-          Finance, bagaimana tips dan trick mengatur keuangan.
-          Career, cerita inspiratis dari para pekerja professional.
-          Keluarga hebat, topic utama.
-          Ulasan, berisi foto menginspirasi.
-          Iptek, seputar perkembangan teknologi.

6.      Karakteristik Majalah:

Sebagai majalah keluarga populer, majalah Intisari hadir dengan tag line “menginspirasi setiap generasi” Majalah intisari edisi kali ini membuat liputan khusus tentang kisah dan seni menghebatkan anak dalam keluarga yang disusun secara tematis.

Dengan judul RAHASIA KELUARGA SUPER, Intisari membawa pembaca pada hidup keluarga petinggi industry di Silicon Valey, seperti Steve Jobs.Dengan ukuran majalah yang terbilang kecil dibanding majalah pada umumnya, majalah intisari hadir bagi keluarga-keluarga Indonesia.

Majalah Intisari adalah majalah yang mengulas berbagai hal berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, dan yang mengispirasikan kita akan banyak hal seputar kesehatan, keuangan, liburan, tehnologi, karir dan lain sebagainya.
7.      Analisa Layout:
Memuat gambar para petinggi industry seperti Steve Jobs,Iintisari edisi bulan November hadir dengan tema: rahasia keluarga super, menguak cara mereka menghebatkan anak-anaknya.Layout yang simple namun mudah dibaca dibantu dengan ukuran majalah yang kecil mudah digenggam. Menghadirkan topic-topik seputar keluarga mulai dari aktifitas hingga hal-hal inspiratif.




D.    Gadis

1.      Gadis/Femina Group
2.      Periode terbit              : 2 minggu sekali
3.      Segmentasi                  : remaja Wanita
4.      Jumlah Halaman          : 160 Halaman
5.      Jumlah Rubrik             :
-          Selalu ada, berisi rubric-rubrik tetap setiap edisi.
-          Gress, berisi seputar kegiatan remaja wanita diberbagai moment.
-          Gaya dan cantik, berisi tips dan trick kecantikan dan trend mode terbaru.
-          Obrolan, seputar psikologi dan percintaan remaja.
-          Seleb, informasi seputar selebriti tanah air dan internasional.
-          Seru, berisi cerita unik dan menarik.
-          Sekolah kita, rubric yang mengulas tentang kegiatan sekolah.
-          Curhat, berisi curahan hati pembaca


6.      Karakteristik Majalah:

Majalah Gadis merupakan majalah remaja wanita. isinya yang membahas tentang fashion, gossip, musik, zodiak, cinta, kehidupan sekolah dan percintaan.

Dalam penulisan majalah Gadis selalu menggunakan gaya bahasa yang gaul sesuai dengan trend anak muda sekarang. Selain itu, Gadis menggunakan frame yang full color dan dengan perangkat yang unik, seperti mengambil image majalahnya sesuai dengan namanya “GADIS” yaitu girly, sporty, dan fungky. Intormasi yang diberikan majalah Gadis selalu up to date. Tidak hanya itu majalah Gadis selain majalah remaja juga sebagai media yang dapat mengasah bakat untuk menuju sukses.

7.      Analisa Layout            :
dikemas lebih menarik dari penataan grafis, warna, penulisan font, penempatan foto dan gambar. Tampil full color, majalah gadis edisi novemberhadir dengan judul BE FAMOUS, tampil dengan layout yang luar biasa menarik dan memikat khususnya bagi remaja wanita.





0 komentar:

Posting Komentar

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com