Rabu, 02 April 2014

Management PT. KAWASAN INDUSTRI MAKASSAR (PERSERO)

4



LAPORAN HASIL OBSERVASI
mengenai

Management PT. KAWASAN INDUSTRI MAKASSAR (PERSERO)

  
Kelompok 1
Pengantar Managemnet, Semester 2

Disusun Oleh:
Wiwik Salwidyah N
Ahyar Arsyad

Jessica putong
Busma


UNIVERSITAS FAJAR MAKASSAR
Fakultas Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial
Jurusan Ilmu Komunikasi
TA 2014/2015


KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga para penulis dapat menyelesaikan tugas mata kuliah Pengantar Manajemen yang mengupas tentang Management PT. KAWASAN INDUSTRI MAKASSAR ini. Tidak lupa salawat serta salam semoga tercurah limpah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad saw. beserta keluarganya,  sahabat-sahabatnya dan sampailah kepada kita selaku umatnya.
Dalam penulisan makalah ini  para penulis banyak sekali menghadapi kesulitan, tetapi berkat bantuan dari berbagai pihak akhirnya kami dapat menyelesaikan makalah ini tepat pada waktunya. Pada kesempatan kali ini kami ucapkan  terima kasih  kepada semua pihak yang telah membantu dalam penulisan makalah ini, terlebih kepada dosen mata kuliah Pengantar Manajemen.
Tak ada gading yang tak retak. Para penulis menyadari bahwa dalam makalah  ini masih terdapat berbagai kekurangan. Untuk itu, saran  dan kritik yang bersifat membangun dari Bapak/Ibu Pembimbing sangat kami harapkan untuk kesempurnaan pembuatan tugas di waktu yang akan datang.

                                                                                                 

Makasar,            Maret 2014


    Penyusun    



LAPORAN HASIL PENELITIAN MANAJEMEN
PT. KAWASAN INDUSTRI MAKASSAR (PERSERO)
A.    Metode Observasi
Dalam melaksanakan observasi ini, kami menggunakan metode dengan melakukan wawancara langsung ke salah satu Perusahaan yang bergerak di bidang jasa. Kami datang langsung ke PT. Kawasan Industri Makassar (Persero) di Jl. Kima Raya II Bira Biringkanaya.  Kami juga melakukan pendokumentasian dengan melakukan pemotretan pada proses wawancara.

B.     Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan dengan diadakannya observasi manajemen ke perusahaan ini adalah untuk :
1.      Melatih mahasiswa/mahasiswi untuk dapat berbicara dengan karyawan perusahaan.
2.      Mengetahui mekanisme manajemen perusahaan dalam mengelola usaha agar menjadi lebih berkembang.
3.      Sebagai salahsatu tugas mata kuliah.

C.    Landasan Penyelenggaraan
Observasi manajemen perusahaan ini dilakukan untuk memenuhi salahsatu tugas mata kuliah Pengantar Manajemen dan juga sebagai pengalaman sekaligus pengetahuan tentang mekanisme perusahaan untuk mahasiswa/ mahasiswi.

D.    Narasumber
Nara sumber dalam wawancara ini adalah Bapak Imran Yamin Spt. Beliau adalah kepala divisi PKBL dan Properti PT. Kawasan Industri Makassar (Persero)


E.     Waktu Pelaksanaan
Kegiatan Observasi manajemen ini dilakukan pada :
Hari/tanggal         :  Kamis, 13 Maret 2014
Waktu                  :  13.00 s/d selesai
Tempat                 :  PT. Kawasan Industri Makassar (Persero)




F. Landasan Teori
Aspek manajemen perusahaan
1.      Manajemen adalah aktivitas kerja yang melibatkan koordinasi dan pengawasan terhadap pekerjaan tersebut dapat diselesaikan secara efisien dan efektif.
2.      Organisasi adalah
-          1. Organisasi adalah susunan dan aturan dari berbagai-bagai bagian (orang dsb)
sehingga merupakan kesatuan yang teratur. (W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum
Bahasa Indonesia)
-         
Menurut Stoner, organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.

Menurut James D. Mooney, organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.

Menurut Chester I. Bernard, organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih

3.      Fungsi – fungsi manajemen
-          Perencanaan (planning) : mendefenisikan sasaran-sasaran, menetapkan strategi, dan mengembangkan rencana kerja untuk mengelola aktivitas-aktivitas.
-          Penataan ( organizing ) : menentukan apa yang harus diselesaikan, bagaimana caranya, dan siapa yang akan mengerjakannya.
-          Kepemimpinan ( leading) : memotivasi, memimpin, dan tindakan-tndakan lainnya yang melibatkan interaksi dengan orang lain.
-          Pengendalian ( controlling) : mengawasi aktifitas-aktifitas demi memastikan segala sesuatunya terselesaikan sesuai rencana.

4.      Peran-peran manajemen Minzberg
-          Peran jembatan antar-pribadi (interpersonal-roles)
1.      Panutan (figurehead)
2.      Pimpinan (leader)
3.      Penghubung (liaison)
-          Peran penyambung informasi ( informational roles)
1.      Pengawas (monitor)
2.      Penyebar berita (disseminator)
3.      Juru bicara (spokesperson)
-          Peran pengambil keputuasan
1.      Pengusaha/ pelopor/ pendobrak ( entrepreneur)
2.      Pengentas kendala ( disturbance handler)
3.      Pengalokasi sumber daya ( resource allocator)
4.      Perunding ( negotiation)

5 . keahlian- keahlian (skill) manajemen
-          Keahlian konseptual
-          Keahlian hubungan antar manusia (human skill)
Kemampuan bekerja sama secara  baik dengan orang lain, secara perorangan maupun secara kelompok.
-          Keahlian teknis ( technical skills)
Pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan sebuah pekerjaan yang spesifik.
a.       Keahlian penting bagi manajemen
1.      Mendelegasikan secara efektif (memastikan pekerjaan benar-benar terselesaikan secara baik)
2.      Mampu berkomunikasi secara efektif
3.      Berfikir secara kritis.
4.      Mengelola beban pekerjaan/ waktu
5.      Memahami batasan-batasan yang jelas untuk peran dan tanggung jawab para karyawan
6.      Menciptakan suasan keterbukaan, membangkitkan kepercayaan dan tantangan.
5.      Imbalan menjadi seorang manajer
-          Dapat menciptakan lingkungan kerja dimana para anggota organisasi dapat memberikan kemampua terbaik mereka dalam bekerja
-          Memiliki kesempatan untuk berfikir kreatif dan berimajinasi
-          Membantu orang lain menemukan makna dan pencapaian didalam kerja
-          Mendukung, mendidik, dan membina orang lain
-          Bekerja dengan bermacam-macam orang
-          Mendapatkan pengakuan dan status didalam organisasi maupun di dalam masyarakat
-          Memegang peranan dalam mempengaruhi pencapaian organisasi
-          Mendapatkan kompensasi yang layak dalam bentuk gaji, bonus, dan opsi saham
-          Seorang manajer yang baik selalu dibutuhkan oleh organisasi manapun.
6.      Tantangan menjadi seorang manajer
-          Harus bekerja keras
-          Boleh jadi harus lebih banyak mengemban tugas yang bersifat klerikal ( administrasi) ketinbang manajeriala
-          Harus berurusan dengan beranekaragam karakter orang
-          Seringkali dituntut menyelesaikan tugas dengan sumber daya yang terbatas



PROFIL PERUSAHAAN
1.      Struktur perusahaan
DIREKTUR UTAMA
DIREKTUR
DIVISI SPI
DIVISI
JASA-JASA I

DIVISI
JASA-JASA II

DIVISI UMUM & SDM

DIVISI KEUANGAN AKT & PERPAJAKAN

DIVISI PKBL & PROPERTY

DIVISI R & D, KONSTRUKSI & TEKNIK

DIVISI PENGELOLAAN LINGKUNGAN

STAF PENYEWAAN ALAT BERAT

STAF GUDANG & BPSP

STAF CONTAINER YARD

STAF RUSUNAWA

STAF SERVICE CHARGE

STAF CAR WAS

STAF JASA LAINNYA

STAF UMUM, HUKUM & ADMINISTRASI

STAF HUMAS & LOGISTIK

STAF AKUTANSI

STAF PERPAJAKAN

KASIR

STAF

STAF R&D, KONSTRUKSI & TEKNIK

STAF PENGHIJAUAN DAN PERTAMANAN

STAF PEMBEBASAN TANAH

STAF PEMELIHARAAN JALAN & INFRASTRUKTUR

SUB DIVISI KEAMANAN

STAF KEAMANAN

STAF LABORATORIUM

STAF OPERASIONAL WWTP

DEWAN KOMISARIS



2.      Sejarah Perusahaan :
PT. KIMA merupakanBadan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan komposisi saham:
Pemerintah RI                         : 60%
Pemerintah Prov. SulSel                     : 30%
Pemerintah Kota Makassar     : 10%
PT. KIMA merupakan salah-satu fasilitas andalan yang mendukung kota Makassar sebagai pintu gerbang kawasan timur Indonesia.
Letak strategis             : dihubungkan oleh jalan provinsi dan tol yang sementara dikembangkan, berada pada area/ zona industry. Serta dekat dengan fasilitas penunjang lainnya, seperti pelabuhan laut, pelabun udara dan terminal peti kemas.

Visi dan misi perusahaan
a.       Visi            : menjadi perusahaan yang terkemuka dalam bidang bisnis kawasan industry modern di pasar global.
b.       misi           : memberikan jasa pengelolaan kawasan industry modern dan jasa diverifikasikan lainnya yang bermutu baik, berwawasan lingkungan kepada investor dengan harga bersaing berdasarkan profesionalisme dan system manajemenberstandar internasional.

Maksud dan tujuan
-          Turut melaksanakan, menunjang kebijaksanaan dan program pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan nasional.
-          Menyediakan sarana dan prasarana serta melaksanakan pembangunan dan pengurusan izin-izin.
-          Melakukan operasional perusahaan dan usaha pengembangan kawasan dengan prinsip-prinsip perseroan terbatas dan system manajemen mutu ISO 9001:2000.
Bisnis utama
-          Menjual dan menyewakan tanah kavling siap bangun dengan status hak guna bangunan selama 30 tahun yang dapat diperpanjang tahap I =20 tahun dan tahap II = 30 Tahun
-          Menyewakan gudang dan bangunan pabrik siap pakai (BPSP)
-           

PT. KIMA sebagai kawasan industry pemerintah merupakan wahana untuk lokasi industry yang berwawasan lingkungan yang dalam kurun waktu selama ini mengalami perkembangan pesat dan mendapat pengakuan internasional berupa sertifikat ISO 9001, menjadi perusahaan BUMN terbaik pada tahun 2004 serta perusahaan BUMN 10 terbaik versi infobank tahun 2012. Hal ini menjadikan PT. KIMA sebagai pengelolaan kawasan industry di Kawasan timur indnesia yang terdepan.


B Hasil wawancara
1.      Perusahaan ini sudah berjalan berapa lama?
Jawab : sekitar 25 tahun, PT. KIMA dibentuk pada tahun 1988.
2.      Apa tujuan yang hendak anda capai sebagai seorang manager perusahaan ini?
Jawab : saya sendiri mengharapkan perusahaan ini semakin maju, dan member kontribusi terhadap pembangunan di Sulawesi selatan.
3.      Berapa jumlah karyawan yang anda pimpin?
Jawab: saya tidak memimpin banyak karyawan karena disini bagiannya kecil dan itu bersifat pelayanan jasa sehingga untuk karyawan saya memimpin 32 karyawan tetap
4.      Apakah anda menerapkan system manajemen dalam menjalankan tugas?
Jawab: iya! Kami menjalankan system manajemen yang professional.
5.      Apakah anda menerapkan system POAC dalam manajemen?
Jawab: tentu! Semua aspek-aspek manajemen dari segi perencanaan, penataan, kepemimpinan dan pengendalian.
6.      Apakah masalah yang anda hadapi dalam menjalankan pekerjaan sebagai seorang manajer? Dan strategi apa yang anda lakukan dalam menghadapi hal ini?
Jawab : sejauh ini masalah yang kita hadapi pada prinsipnya selalu kita carikan jalan keluar dan kami tidak pernah mengalami jenis permasalah yang sama
7.      Menurut anda, apa peran manajer dalam perusahaan?
Jawab:  peran manajer sangat penting karena manajer berperan penting dalam pengambil keputusan dan penentu pilihan dalam perusahaan , selain sebagai pengalokasi sumber daya, juga menjadi penghubung bagi perusahaan ini.
8.      Salah satu factor pendukungkeberhasilan perusahaan adalah komunikasi,banyak kegagalan koordinasi yang disebabkan oleh komunikasi, menurut anda sendiri bagaimanakan komunikasi yang efektif?
Jawab: komunikasi yang efektif yang berlatar belakang kekeluargaan, jadi antara sesama pimpinan dan sesame karyawan mengaplikasikan komunikasi yang flesibel, sehingga penyampain informasi menjadi efektif.
9.      Untuk meningkatkan produktivitas, apakah perusahaan perlu melakukan motivasi?
Motivasi yang perusahaan berikan biasanya dalam bentuk?
Jawab: iya! Perlu, motivasi bias kita berikan dalam bentuk penghargaan , dalam bentuk pembangunan yang semakin ditingkatkan agar kinerja para karyawan semakin baik, serta bisnis yang menunjang alur kerja perusahaan, seperti: penyewaan alat berat dan alat angkatpenyewaan gedung serba guna, usaha car wash, jasa pemeliharaan, dll.
10.  Menurut anda, gaya kepemimpinan seperti apa yang diterapkan dalam perusahaan ini?
jawab: gaya kepemimpinan yang fleksibel dan berasaskan kekeluargaan.
11.  Apakah arti penting inovasi dalam pekerjaan seorang manajer?
Jawab: sangat penting! Kami selalu menciptakan inovasi-inovasi baru yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat saat ini, dan tentunya yang berstandar SOP.peusahaan ini juga mengembangakan berbagai usaha industry terpadu (newcore business) antara lain: -
a.       central business cluster (CBC) dengan konsep “one stop” estate business service.
b.      Total logistic service dan pengembangan infrastruktur kawasan, antara lain : Container Yard, Warehouse, Rental Building Industry & Equipment, BBM Industry, Club House, Construction & Property Management, Rusunawa, Power System & Telecomunication Facilities, and Water Treatment Plan
c.       Jasa penunjang Industri seperti : Jasa Service Charge, Water Supply (PDAM), Jasa pengangkutan dan penyewaan alat berat, klinik pengobatan dan pelayanan kesehatan.
d.      Dengan komitmen professional dan penerapan manajemen modern yang berorientasi pada kepuasan pelanggan, kami yakin PT. Kimia Makassar – Maros tidak saja menjadi pioner  tetapi juga yang terbaik di KAwasan Timur Indonesia.
12.   Apa imbalan dan tantangan tersendiri anda saat menjadi seorang manajer dalam perusahaan ini?
Jawab: kalau bicara soal imbalan, banyak, saya justru merasa beruntung bias mendapatkan pengakuan dan status di dalam organisasi maupun didalam masyarakat. Dan membantu orang lain menemukan makna dan pencapaian di dalam kerja. Sesangkan tantangannya adalah saya mengemban tugas lebih banyak dan harus berusurusan dengan karyawan-karyawan yang memiliki beranekaragam karakter didalam perusahaan ini.
13.   Adakah keahlian penting/ khusus yang membantu manajer dalam mengerjakan tugas perusahaan?
Jawab: selain komunikatif, sebaiknya harus fleksibel
14.   Adakah pendekatan yang anda lakukan kepada pelanggan?
Jawab: pendekatan yang kami lakukan harus sesuai dengan ketentuan perusahaan yang berlaku, kami sendiri melayani pelanggan dengan hati.
15.  Semakinpesatnya globalisasi dunia, apakah ada perubahan dalam system manajemen anda saat ini?
Jawab: jelas ada ! karena semakin berkembang pesatnya teknologi  kami sebagai perusahaan industry harus melakukan perubahan agar alur kerja kami semakin efisien.


KESIMPULAN
Berasarkan wawancara yang telah kami lakukan dengan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang industry, dapat di simpulkan bahwa perusahaan tersebut memiliki suatu perencanaan yang berorientasi pada system manajemen yang berdasarkan teori yang serta proses komunikasi yang efektif dan berasaskan kekeluargaan. PT. KIMA juga mengikuti arus globalisasi dalam bentuk yang positif dan menunjang inovas-inovasi perusahaan serta semakin meningkatkan motivasi antar karyawan









4 komentar:

  1. Kami dari PT. HOKA HOKI INDONESIA memberitau bahwa perusahaan kami ingin bekerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN

    Service Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera)
    Pengiriman Domestic antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.

    Customs Clearance Port
    Jakarta, Semarang, Surabaya, Belawan & Port Lain nya.

    Dote :
    Kami tidak menerima barang-barang larangan seperti Airsoft Gun, Obat-obatan terlarang.
    Kami tidak bertanggung jawab/ tidak akan mengganti kerugia apabila didapati adanya barang-barang bahaya / Larangan tersebut, dan apabila diketahui barang membahayakan maka kami akan melapor kepada pihak yang berwajib.
    Kami menerima barang-barang seperti Kimia, tetapi kimia yang ada disertai MSDS (Material Safety Data Sheet).

    Terima kasih atas kepercayaan nya,semoga kami dan perusahaan bpk/ibu berjalan dengan lancar.
    Jika ada yang ingin dipertayakan, silah kan hubungi kami di nomor (+62 21) 2906-8484
    Hp wa. 081908060678 E-Mail : andijm.logistics@gmail.com


    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =
    PT. HOKA HOKI INDONESIA
    Shopping Arcade 2nd Floor B-03 Jakarta Garden City,
    Jl. Raya Cakung Cilincing KM. 0,5 Jakarta Timur 13910 Indonesia
    Phone : +62 21 29068484 Fax : +62 21 29068666
    Email : andijm.logistics@gmail.com
    Website : hokahoki.co.id

    Mr. Andi JM BBM : D9CE63FD
    Hp wa. 081908060678, 081385311679

    BalasHapus
  2. Ingin Melacak Pacar/istri/selingkuhan/supir? Kini ada jawabannya lengkapi kendaraan Anda dengan GPS Tracker merk Super Spring , kantor resmi call center 24jam ada ijin postel nya dan tidak beli putus . Gratis pemasangan di seluruh indonesia.

    info hub: 081241412435 / 082188285317
    Alamat kantor:Jalan Toddopuli Raya Timur No.7A

    BalasHapus
  3. Such a great post to know different useful information.

    Obat Aborsi

    Obat Aborsi Batam

    BalasHapus

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com