LAPORAN HASIL OBSERVASI
mengenai
Management PT. KAWASAN INDUSTRI MAKASSAR (PERSERO)
Kelompok 1
Pengantar Managemnet, Semester 2
Disusun Oleh:
Wiwik Salwidyah N
Ahyar Arsyad
Jessica putong
Busma
UNIVERSITAS FAJAR MAKASSAR
Fakultas Ilmu
Ekonomi dan Ilmu Sosial
Jurusan Ilmu
Komunikasi
TA 2014/2015
KATA PENGANTAR
Segala
puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat
dan hidayah-Nya, sehingga para penulis dapat menyelesaikan tugas mata kuliah
Pengantar Manajemen yang mengupas tentang “Management PT. KAWASAN INDUSTRI MAKASSAR” ini. Tidak lupa salawat serta salam semoga tercurah
limpah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad saw. beserta
keluarganya, sahabat-sahabatnya dan sampailah kepada kita selaku umatnya.
Dalam
penulisan makalah ini para penulis banyak sekali menghadapi kesulitan,
tetapi berkat bantuan dari berbagai pihak akhirnya kami dapat menyelesaikan
makalah ini tepat pada waktunya. Pada kesempatan kali ini kami ucapkan
terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penulisan
makalah ini, terlebih kepada dosen mata kuliah Pengantar Manajemen.
Tak
ada gading yang tak retak. Para penulis menyadari bahwa dalam makalah ini
masih terdapat berbagai kekurangan. Untuk itu, saran dan kritik yang
bersifat membangun dari Bapak/Ibu Pembimbing sangat kami harapkan untuk
kesempurnaan pembuatan tugas di waktu yang akan datang.
Makasar, Maret 2014
Penyusun
LAPORAN HASIL PENELITIAN MANAJEMEN
PT. KAWASAN INDUSTRI MAKASSAR
(PERSERO)
A. Metode
Observasi
Dalam melaksanakan observasi
ini, kami menggunakan metode dengan melakukan wawancara langsung ke salah satu
Perusahaan yang bergerak di bidang jasa. Kami datang langsung ke PT. Kawasan
Industri Makassar (Persero) di Jl. Kima Raya II Bira Biringkanaya. Kami
juga melakukan pendokumentasian dengan melakukan pemotretan pada proses
wawancara.
B.
Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan dengan
diadakannya observasi manajemen ke perusahaan ini adalah untuk :
1.
Melatih mahasiswa/mahasiswi untuk dapat berbicara dengan karyawan perusahaan.
2.
Mengetahui mekanisme manajemen perusahaan dalam mengelola usaha agar menjadi
lebih berkembang.
3.
Sebagai salahsatu tugas mata kuliah.
C. Landasan
Penyelenggaraan
Observasi manajemen
perusahaan ini dilakukan untuk memenuhi salahsatu tugas mata kuliah Pengantar
Manajemen dan juga sebagai pengalaman sekaligus pengetahuan tentang mekanisme
perusahaan untuk mahasiswa/ mahasiswi.
D.
Narasumber
Nara sumber dalam wawancara
ini adalah Bapak Imran Yamin Spt. Beliau adalah kepala divisi PKBL dan Properti
PT. Kawasan Industri Makassar (Persero)
E.
Waktu Pelaksanaan
Kegiatan Observasi manajemen
ini dilakukan pada :
Hari/tanggal
: Kamis, 13 Maret 2014
Waktu
: 13.00 s/d selesai
Tempat
: PT. Kawasan Industri Makassar (Persero)
F. Landasan Teori
Aspek manajemen perusahaan
1.
Manajemen adalah
aktivitas kerja yang melibatkan koordinasi dan pengawasan terhadap pekerjaan
tersebut dapat diselesaikan secara efisien dan efektif.
2.
Organisasi adalah
-
1. Organisasi
adalah susunan dan aturan dari berbagai-bagai bagian (orang dsb)
sehingga merupakan kesatuan yang teratur. (W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum
Bahasa Indonesia)
sehingga merupakan kesatuan yang teratur. (W.J.S. Poerwadarminta, Kamus Umum
Bahasa Indonesia)
-
Menurut Stoner, organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
Menurut James D. Mooney, organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
Menurut Chester I. Bernard, organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih
Menurut Stoner, organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.
Menurut James D. Mooney, organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
Menurut Chester I. Bernard, organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih
3.
Fungsi – fungsi
manajemen
-
Perencanaan
(planning) : mendefenisikan sasaran-sasaran, menetapkan strategi, dan
mengembangkan rencana kerja untuk mengelola aktivitas-aktivitas.
-
Penataan (
organizing ) : menentukan apa yang harus diselesaikan, bagaimana caranya, dan
siapa yang akan mengerjakannya.
-
Kepemimpinan (
leading) : memotivasi, memimpin, dan tindakan-tndakan lainnya yang melibatkan
interaksi dengan orang lain.
-
Pengendalian (
controlling) : mengawasi aktifitas-aktifitas demi memastikan segala sesuatunya
terselesaikan sesuai rencana.
4.
Peran-peran
manajemen Minzberg
-
Peran jembatan
antar-pribadi (interpersonal-roles)
1.
Panutan
(figurehead)
2.
Pimpinan (leader)
3.
Penghubung
(liaison)
-
Peran penyambung
informasi ( informational roles)
1.
Pengawas
(monitor)
2.
Penyebar berita
(disseminator)
3.
Juru bicara
(spokesperson)
-
Peran pengambil
keputuasan
1.
Pengusaha/
pelopor/ pendobrak ( entrepreneur)
2.
Pengentas kendala
( disturbance handler)
3.
Pengalokasi
sumber daya ( resource allocator)
4.
Perunding (
negotiation)
5 . keahlian- keahlian
(skill) manajemen
-
Keahlian
konseptual
-
Keahlian hubungan
antar manusia (human skill)
Kemampuan bekerja sama secara baik dengan orang lain, secara perorangan
maupun secara kelompok.
-
Keahlian teknis (
technical skills)
Pengetahuan dan keterampilan yang
berkaitan dengan sebuah pekerjaan yang spesifik.
a.
Keahlian penting
bagi manajemen
1.
Mendelegasikan
secara efektif (memastikan pekerjaan benar-benar terselesaikan secara baik)
2.
Mampu
berkomunikasi secara efektif
3.
Berfikir secara
kritis.
4.
Mengelola beban
pekerjaan/ waktu
5.
Memahami
batasan-batasan yang jelas untuk peran dan tanggung jawab para karyawan
6.
Menciptakan
suasan keterbukaan, membangkitkan kepercayaan dan tantangan.
5.
Imbalan menjadi
seorang manajer
-
Dapat menciptakan
lingkungan kerja dimana para anggota organisasi dapat memberikan kemampua
terbaik mereka dalam bekerja
-
Memiliki
kesempatan untuk berfikir kreatif dan berimajinasi
-
Membantu orang
lain menemukan makna dan pencapaian didalam kerja
-
Mendukung,
mendidik, dan membina orang lain
-
Bekerja dengan
bermacam-macam orang
-
Mendapatkan
pengakuan dan status didalam organisasi maupun di dalam masyarakat
-
Memegang peranan
dalam mempengaruhi pencapaian organisasi
-
Mendapatkan
kompensasi yang layak dalam bentuk gaji, bonus, dan opsi saham
-
Seorang manajer
yang baik selalu dibutuhkan oleh organisasi manapun.
6.
Tantangan menjadi
seorang manajer
-
Harus bekerja
keras
-
Boleh jadi harus
lebih banyak mengemban tugas yang bersifat klerikal ( administrasi) ketinbang
manajeriala
-
Harus berurusan
dengan beranekaragam karakter orang
-
Seringkali
dituntut menyelesaikan tugas dengan sumber daya yang terbatas
PROFIL PERUSAHAAN
1.
Struktur
perusahaan
DIREKTUR UTAMA
|
DIREKTUR
|
DIVISI SPI
|
DIVISI
JASA-JASA I
|
DIVISI
JASA-JASA II
|
DIVISI UMUM
& SDM
|
DIVISI KEUANGAN
AKT & PERPAJAKAN
|
DIVISI PKBL
& PROPERTY
|
DIVISI R &
D, KONSTRUKSI & TEKNIK
|
DIVISI
PENGELOLAAN LINGKUNGAN
|
STAF PENYEWAAN
ALAT BERAT
|
STAF GUDANG
& BPSP
|
STAF CONTAINER
YARD
|
STAF RUSUNAWA
|
STAF SERVICE
CHARGE
|
STAF CAR WAS
|
STAF JASA
LAINNYA
|
STAF UMUM, HUKUM
& ADMINISTRASI
|
STAF HUMAS &
LOGISTIK
|
STAF AKUTANSI
|
STAF PERPAJAKAN
|
KASIR
|
STAF
|
STAF R&D,
KONSTRUKSI & TEKNIK
|
STAF PENGHIJAUAN
DAN PERTAMANAN
|
STAF PEMBEBASAN
TANAH
|
STAF
PEMELIHARAAN JALAN & INFRASTRUKTUR
|
SUB DIVISI
KEAMANAN
|
STAF KEAMANAN
|
STAF
LABORATORIUM
|
STAF OPERASIONAL
WWTP
|
DEWAN KOMISARIS
|
2.
Sejarah
Perusahaan :
PT. KIMA
merupakanBadan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan komposisi saham:
Pemerintah
RI : 60%
Pemerintah
Prov. SulSel : 30%
Pemerintah
Kota Makassar : 10%
PT. KIMA
merupakan salah-satu fasilitas andalan yang mendukung kota Makassar sebagai
pintu gerbang kawasan timur Indonesia.
Letak
strategis : dihubungkan oleh
jalan provinsi dan tol yang sementara dikembangkan, berada pada area/ zona
industry. Serta dekat dengan fasilitas penunjang lainnya, seperti pelabuhan
laut, pelabun udara dan terminal peti kemas.
Visi dan
misi perusahaan
a.
Visi : menjadi perusahaan yang terkemuka
dalam bidang bisnis kawasan industry modern di pasar global.
b.
misi :
memberikan jasa pengelolaan kawasan industry modern dan jasa diverifikasikan
lainnya yang bermutu baik, berwawasan lingkungan kepada investor dengan harga
bersaing berdasarkan profesionalisme dan system manajemenberstandar
internasional.
Maksud dan tujuan
-
Turut
melaksanakan, menunjang kebijaksanaan dan program pemerintah di bidang ekonomi dan
pembangunan nasional.
-
Menyediakan
sarana dan prasarana serta melaksanakan pembangunan dan pengurusan izin-izin.
-
Melakukan
operasional perusahaan dan usaha pengembangan kawasan dengan prinsip-prinsip
perseroan terbatas dan system manajemen mutu ISO 9001:2000.
Bisnis
utama
-
Menjual dan
menyewakan tanah kavling siap bangun dengan status hak guna bangunan selama 30
tahun yang dapat diperpanjang tahap I =20 tahun dan tahap II = 30 Tahun
-
Menyewakan gudang
dan bangunan pabrik siap pakai (BPSP)
-
PT. KIMA
sebagai kawasan industry pemerintah merupakan wahana untuk lokasi industry yang
berwawasan lingkungan yang dalam kurun waktu selama ini mengalami perkembangan
pesat dan mendapat pengakuan internasional berupa sertifikat ISO 9001, menjadi
perusahaan BUMN terbaik pada tahun 2004 serta perusahaan BUMN 10 terbaik versi
infobank tahun 2012. Hal ini menjadikan PT. KIMA sebagai pengelolaan kawasan
industry di Kawasan timur indnesia yang terdepan.
B Hasil wawancara
1.
Perusahaan ini
sudah berjalan berapa lama?
Jawab : sekitar 25 tahun, PT. KIMA
dibentuk pada tahun 1988.
2.
Apa tujuan yang
hendak anda capai sebagai seorang manager perusahaan ini?
Jawab : saya sendiri mengharapkan
perusahaan ini semakin maju, dan member kontribusi terhadap pembangunan di
Sulawesi selatan.
3.
Berapa jumlah
karyawan yang anda pimpin?
Jawab: saya tidak memimpin banyak karyawan
karena disini bagiannya kecil dan itu bersifat pelayanan jasa sehingga untuk
karyawan saya memimpin 32 karyawan tetap
4.
Apakah anda
menerapkan system manajemen dalam menjalankan tugas?
Jawab: iya! Kami menjalankan system
manajemen yang professional.
5.
Apakah anda
menerapkan system POAC dalam manajemen?
Jawab: tentu! Semua aspek-aspek manajemen
dari segi perencanaan, penataan, kepemimpinan dan pengendalian.
6.
Apakah masalah
yang anda hadapi dalam menjalankan pekerjaan sebagai seorang manajer? Dan
strategi apa yang anda lakukan dalam menghadapi hal ini?
Jawab : sejauh ini masalah yang kita
hadapi pada prinsipnya selalu kita carikan jalan keluar dan kami tidak pernah
mengalami jenis permasalah yang sama
7.
Menurut anda, apa
peran manajer dalam perusahaan?
Jawab:
peran manajer sangat penting karena manajer berperan penting dalam
pengambil keputusan dan penentu pilihan dalam perusahaan , selain sebagai
pengalokasi sumber daya, juga menjadi penghubung bagi perusahaan ini.
8.
Salah satu factor
pendukungkeberhasilan perusahaan adalah komunikasi,banyak kegagalan koordinasi
yang disebabkan oleh komunikasi, menurut anda sendiri bagaimanakan komunikasi
yang efektif?
Jawab: komunikasi yang efektif yang
berlatar belakang kekeluargaan, jadi antara sesama pimpinan dan sesame karyawan
mengaplikasikan komunikasi yang flesibel, sehingga penyampain informasi menjadi
efektif.
9.
Untuk
meningkatkan produktivitas, apakah perusahaan perlu melakukan motivasi?
Motivasi yang perusahaan berikan biasanya
dalam bentuk?
Jawab: iya! Perlu, motivasi bias kita
berikan dalam bentuk penghargaan , dalam bentuk pembangunan yang semakin
ditingkatkan agar kinerja para karyawan semakin baik, serta bisnis yang
menunjang alur kerja perusahaan, seperti: penyewaan alat berat dan alat
angkatpenyewaan gedung serba guna, usaha car wash, jasa pemeliharaan, dll.
10. Menurut anda, gaya kepemimpinan seperti apa yang
diterapkan dalam perusahaan ini?
jawab: gaya kepemimpinan yang fleksibel dan berasaskan kekeluargaan.
jawab: gaya kepemimpinan yang fleksibel dan berasaskan kekeluargaan.
11. Apakah arti penting inovasi dalam pekerjaan seorang
manajer?
Jawab: sangat penting! Kami selalu
menciptakan inovasi-inovasi baru yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat
saat ini, dan tentunya yang berstandar SOP.peusahaan ini juga mengembangakan
berbagai usaha industry terpadu (newcore business) antara lain: -
a.
central business
cluster (CBC) dengan konsep “one stop” estate business service.
b.
Total logistic
service dan pengembangan infrastruktur kawasan, antara lain : Container Yard,
Warehouse, Rental Building Industry & Equipment, BBM Industry, Club House,
Construction & Property Management, Rusunawa, Power System &
Telecomunication Facilities, and Water Treatment Plan
c.
Jasa penunjang
Industri seperti : Jasa Service Charge, Water Supply (PDAM), Jasa pengangkutan
dan penyewaan alat berat, klinik pengobatan dan pelayanan kesehatan.
d.
Dengan komitmen
professional dan penerapan manajemen modern yang berorientasi pada kepuasan
pelanggan, kami yakin PT. Kimia Makassar – Maros tidak saja menjadi pioner tetapi juga yang terbaik di KAwasan Timur
Indonesia.
12. Apa imbalan dan
tantangan tersendiri anda saat menjadi seorang manajer dalam perusahaan ini?
Jawab: kalau bicara soal imbalan, banyak,
saya justru merasa beruntung bias mendapatkan pengakuan dan status di dalam
organisasi maupun didalam masyarakat. Dan membantu orang lain menemukan makna
dan pencapaian di dalam kerja. Sesangkan tantangannya adalah saya mengemban
tugas lebih banyak dan harus berusurusan dengan karyawan-karyawan yang memiliki
beranekaragam karakter didalam perusahaan ini.
13. Adakah keahlian
penting/ khusus yang membantu manajer dalam mengerjakan tugas perusahaan?
Jawab: selain komunikatif, sebaiknya harus
fleksibel
14. Adakah
pendekatan yang anda lakukan kepada pelanggan?
Jawab: pendekatan yang kami lakukan harus
sesuai dengan ketentuan perusahaan yang berlaku, kami sendiri melayani
pelanggan dengan hati.
15. Semakinpesatnya globalisasi dunia, apakah ada
perubahan dalam system manajemen anda saat ini?
Jawab: jelas ada ! karena semakin
berkembang pesatnya teknologi kami
sebagai perusahaan industry harus melakukan perubahan agar alur kerja kami
semakin efisien.
KESIMPULAN
Berasarkan
wawancara yang telah kami lakukan dengan sebuah perusahaan yang bergerak di
bidang industry, dapat di simpulkan bahwa perusahaan tersebut memiliki suatu
perencanaan yang berorientasi pada system manajemen yang berdasarkan teori yang
serta proses komunikasi yang efektif dan berasaskan kekeluargaan. PT. KIMA juga
mengikuti arus globalisasi dalam bentuk yang positif dan menunjang
inovas-inovasi perusahaan serta semakin meningkatkan motivasi antar karyawan
Kami dari PT. HOKA HOKI INDONESIA memberitau bahwa perusahaan kami ingin bekerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN
BalasHapusService Kami,
Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA
Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera)
Pengiriman Domestic antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.
Customs Clearance Port
Jakarta, Semarang, Surabaya, Belawan & Port Lain nya.
Dote :
Kami tidak menerima barang-barang larangan seperti Airsoft Gun, Obat-obatan terlarang.
Kami tidak bertanggung jawab/ tidak akan mengganti kerugia apabila didapati adanya barang-barang bahaya / Larangan tersebut, dan apabila diketahui barang membahayakan maka kami akan melapor kepada pihak yang berwajib.
Kami menerima barang-barang seperti Kimia, tetapi kimia yang ada disertai MSDS (Material Safety Data Sheet).
Terima kasih atas kepercayaan nya,semoga kami dan perusahaan bpk/ibu berjalan dengan lancar.
Jika ada yang ingin dipertayakan, silah kan hubungi kami di nomor (+62 21) 2906-8484
Hp wa. 081908060678 E-Mail : andijm.logistics@gmail.com
= = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = =
PT. HOKA HOKI INDONESIA
Shopping Arcade 2nd Floor B-03 Jakarta Garden City,
Jl. Raya Cakung Cilincing KM. 0,5 Jakarta Timur 13910 Indonesia
Phone : +62 21 29068484 Fax : +62 21 29068666
Email : andijm.logistics@gmail.com
Website : hokahoki.co.id
Mr. Andi JM BBM : D9CE63FD
Hp wa. 081908060678, 081385311679
.
HapusObat Aborsi Di Makassar
.
Obat Cytotec Asli Di Makassar
.
Obat Penggugur Kandungan Di Makassar
.
Obat Peluntur Janin Di Makassar
.
Jual Obat Aborsi Di Makassar
.
Cara Menggugurkan Kandungan Di Makassar
.
Jual Obat Aborsi Asli Di Makassar
.
.
.
.
.
.
Obat Cytotec asli
.
Obat Aborsi
.
Cara Menggugur kandungan
.
Obat Penggugur Janin
.
Obat Terlambat Datang Bulan
.
Obat Penggugur kandungan
.
Ciri Ciri Obat cytotec asli
.
Obat Peluntur janin
.
Obat Cytotec asli
.
.
http://obatcytotecasli.net/
Call/WA : 085 702 494 733
BBM : D29AD2CE
.
.
Ingin Melacak Pacar/istri/selingkuhan/supir? Kini ada jawabannya lengkapi kendaraan Anda dengan GPS Tracker merk Super Spring , kantor resmi call center 24jam ada ijin postel nya dan tidak beli putus . Gratis pemasangan di seluruh indonesia.
BalasHapusinfo hub: 081241412435 / 082188285317
Alamat kantor:Jalan Toddopuli Raya Timur No.7A
Such a great post to know different useful information.
BalasHapusObat Aborsi
Obat Aborsi Batam