BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Radio
adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi
dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Gelombang ini melintas
dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa
udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul
udara).
Radio
adalah media massa elektronik tertua dan luwes. Selama lebih dari satu abad,
radio siaran telah berhasil mengatasi persaingan keras dengan bioskop, rekaman
kaset, televisi, tv, games, dan personal cassette players. Keunggulan radio
siaran adalah berada dimana saja: di tempat tidur, mobil, jalanan dan berbagai
tempat lainnya. Radio memiliki kemampuan menjual pada khalayak bagi pengikan
yang produknya dirancang khusus untuk khalayak tertentu.
Radio
Radio Telstar Makassar adalah radio yang
terletak di jalan Ali Malaka Nomor 26. Radio Telstar adalah radio yang
segmentasinya khusus untuk keluarga, yang bertujuan untuk menjadikan radio ini
sebagai radio keluarga terbaik dan terpercaya dengan program acara yang
edukatif, informativ, dan menghibur.
B.
Tujuan
1. Mengetahui
sejarah terbentuknya Radio Telstar
2. Mengetahui
stuktur Organisasi Radio Telstar
3. Mengetahui
tugas dan peran unit kerja dalam Radio Telstar
4. Mengetahui
segmentasi pendengar Radio Telstar
5. Mengetahui
program-program acara Radio Telstar
6. Mengetahui
Manajemen iklan di Radio Telstar
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Sejarah Radio Telstar Makassar
Latar belakang
pendirian radio Telstar, bermula dari hobi sekelompok anak muda Makassar di era
60an akan dunia elektronik khususnya pemancar radio amatir yang saat itu
dikenal dengan istilahradam yang kemudian diwujudkan dalam bentuk siaran radio
yang mulai mengudara pada bulan September 1970. Karena baru sebatas hobi dan
tidak dikelola secara baik, radio Telstar yang awalnya mengudara di jalur AM,
mengalamibeberapa kali perpindahan lokasi studio. Dalam perjalanan selanjutnya,
radio Telstar mendapat apresiasi yang sangat baik dari masyarakat Makassar,
sehingga para pendiri radio Telstar memutuskan untuk mengelola radio ini secara
professional, seiring dengan kebijakan pemerintah saat itu yang menuntut radio
siaran harus dikelola oleh sebuah badan usaha berbentuk PT. Tanggal resmi
sebagai PT itulah kemudian dijadikan momentum awal pendirian Radio Telstar
secara resmi. Dengan hadirnya radio Telstar dalam industry penyiaran di Kota
Makassar, diharapkan masyarakat mempunyai sumber informasi dan hiburan yang positif,
mendidik dan dapat dipercaya.
B.
Struktur Organisasi
C.
Tugas dan peran unit kerja dalam Radio
Telstar
Dalam
operasional perusahaan, unit-unit kerja PT. Radio Terminal Suara Lestari
memiliki uraian pekerjaan sebagai berikut:
1.
Direktur
-
Bertanggung
jawab atas keseluruhan proses operasional, penerapan strategi, pencapaian hasil
serta pengelolaan sumber daya manusia, dana, sarana/perangkat keras dan lunak
dan teknologinya.
-
Melaksanakan
fungi manajemen meliputi perencanaan, pengorganisasian seluruh sector kegiatan,
komunikasi, pengendalian.
-
Melaksanakan
tugas-tugas kepenanggungjawaban meliputi proses perizinan, hubungan dengan
instansi sipil/militer, urusan organisasi atau asosiasi, dampak siaran dan aspek
sekuritas kegiatan.
-
Melaksanakan
tugas HRD, meliputi konseling dan pemberdayaan SDM.
2.
Tehnical
Support
-
Penguasaan
seluruh perangkat keras dan lunak yang berhubungan langsung ataupun tidak
langsung dengan proses penyiaran.
-
Bertanggungjawab
atas kelancaran perangkat teknis operasional siaran khususnya yang berhubungan
dengan aktifitas on air.
-
Mengontrol
kualitas modulasi siaran, pancaran dan penerimaan siaran di masyarakat.
-
Membuat
laporan teknis secara periodic.
3.
Program
director
-
Bertanggungjawab
atas pengaturan penyelenggaraan siaran mulai dari scheduling, eksekusi sampai
pelaporan.
-
Bertanggungjawab
atas terjaganya format siaran.
-
Melakukan
supervise dan mencermati kinerja music director, news director/editor,
production, penyiar, dan reporter.
-
Mencermati
perkembnagan, mewaspadai competitor dan mengambil langkah antisipasi bila
perlu.
-
Mengreasi
dan melaksanakan pengembangan program.
4.
Marketing
Manager
-
Merancang,
mengatur strategi marketing dan melaksanakan bersama tim marketing yang ada.
-
Memimpin
tim marketing sales, mengelola dan memimpin penetrasi pasar secara optimal.
-
Menyiapkan
perangkat sales, mengelola dan memimpin tim kerja sales.
-
Menciptakan,
dan mengembangkan sales format terutama setelah menganalisa competitor dan
kondisi pasar potensial.
-
Menetapkan
target dan prioritas penjualan, penekanan focus aktifitas sebagai acuan kerja
utama.
5.
Marketing
-
Melakukan
penetrasi pasar secara optimal dan menjaga hubungan baik dengan mitra kerja.
-
Membaca
keinginan pasar dan memberikan masukan terhadap proses kreatif perusahaan.
-
Mengokohkan
segala macam bentuk aktifitas penjualan secara procedural.
-
Melakukan
aktifitas penagihan keuangan atas kerjasama dengan mitra yang sudah berjalan.
6.
ADM
dan Finance Manager
-
Mengelola
administrasi dan keuangan perusahaan dengan cara yang tepat.
-
Melakukan
supervise atas kinerja radio support dan traffic order.
-
Menyusun
rancangan arus kas perusahaan.
-
Mengawasi
dan memastikan keabsahan penerimaan dan pengeluaran harta perusahaan.
-
Memastikan
kebenaran atas pencatatan, klasifikasi dan resume data yang dibuat.
-
Ikut
serta dalam penyusunan tariff bersama departemen marketing dan direksi.
-
Membuat
sales report yang dilampiri dengan bukti kwitansi.
7.
Music
Director
-
Bertanggungjawab
atas fungsi control dan pengarahan akan musik atau lagu yang disiarkan termasuk
kontinuitasnya dan warna sesuai segmentasi.
-
Menyeleksi
semua musik atau lagu yang masuk dari perusahaan rekaman.
-
Menentukan
materi program tangga-tangga lagu.
-
Mengikuti
perkembangan musik dan lagu.
-
Menjaga
dan memberdayakan hubungan baik dengan perusahaan rekaman.
8.
News
Director/Editor
-
Bertanggungjawab
atas kontinuitan dan produksi program siaran berita.
-
Supervise
dan editing naskah siaran kata.
-
Mengambil
keputusan atas kelayakan pemberitaan dan naskah sebelum di udarakan.
-
Bekerjasama
dengan bagian produksi dalam menghasilkan produk-produk siaran yang
berkualitas.
9.
Creative
-
Mendukung
aktifitas dan produksi yang dikerjakan departemen program.
-
Membuat
naskah iklan atau adlib.
-
Mendukung
aktifitas pengembangan program.
10.
Traffic
Order
-
Bertanggungjawab
atas pengaturan space space iklan berkaitan dengan kegiatan on air.
-
Menyusun
jadwal penyiaran iklan/adlib.
-
Menyusun
dan mencetak agenda iklan.
-
Bertanggungjawab
atas penyediaan informasi tentang iklan/ adlib untuk bulan yang sedang
berjalan.
-
Meyiapkan
materi iklan/adlib yang akan disiarkan.
-
Melakukan
pengarsipan materi iklan dan spot.
11.
Production/
Recoding
-
Melakukan
aktifitas produksi periklanan dalam bentuk spot.
-
Melakukan
editing terhadap materi-materi siaran yang akan disiarkan.
-
Mendukung
sepenuhnya aktifitas music director dan program pemberitaan.
-
Mendokumentasikan
semua hasil siaran.
-
Menghasilkan
produk spot iklan yang berkualitas.
12.
Radio
Support
-
Menjaga
dan mengawasi ketertiban dan situasi umum kantor
-
Mendukung
aktifitas departemen administrasi dan keuangan.
-
Menyampaikan
laporan tentang segala peristiwa yang menyangkut urusan perusahaan.
-
Bertanggungjawab
atas aktifitas Front Office.
13.
Host
-
Bertanggungjawab
atas kelancaran operasional siaran yang berkaitan dengan tugas kepenyiaran/
reporter.
-
Menjaga
konsistensi air personality, positioning dan gaya siaran yang komunikatif,
akrab dan ekspresif.
-
Mengkomunikasikan
materi siaran sampai ke pendengar dengan kesadaran tinggi.
-
Membuat
catatan hasil siaran.
-
Menjaga
kelancaran pasokan berita atau materi siaran sesuai jadwal yang ditetapkan.
14.
On
Air Operator
-
Membantu
kelancaran aktifitas on air
-
Menerima
dan menyaring telepon untuk program siaran interaktif
-
Mencatat
semua masukan yang diterima dari pendengar.
D. Segmentasi
Pendengar Radio Telstar Makassar
E.
Program-program acara Radio Telstar
PROGRAM
ACARA RADIO TELSTAR FM (2015)
-
REGULER
(EXISTING) PROGRAM
NO
|
PROGRAM
|
DESKRIPSI
|
1
|
PERMAI BARU
Waktu : Senin
– Minggu, 05.00 – 06.00 (60 menit)
Format acara :
Agama dan Pendidikan
|
Membahas
permasalahan seputar agama islam dengan menjawab berbagai pertanyaan dari
pendengar melalui SMS atau surat dengan narasumber seorang Uztad.
|
2.
|
PAGI INDAH
Waktu : Senin
– Minggu, 06.00 – 09.00 (180 menit)
Target : 20-40
tahun/ keluarga
Format acara :
hiburan dan informasi
|
Menyajikan
lagu-lagu Indonesia & mancanegara popular, pembacaan headline Koran-koran
lokal/nasional dan informasi actual seputar kota Makassar. Pendengar diajak
berpartisipasi lewat telepon atau SMS untuk memberikan ucapan selamat ulang
tahun atau peristiwa bahagia lainnya buat kerabat yang sedangbersiap-siap
melakukan aktifitas.
|
3
|
BEKAS TAPI
MULUS
Waktu : Senin
– Sabtu, 09.00 – 10.00 (60 menit)
Target : 20-40
tahun/ Umum
Format acara :
hiburan dan informasi
|
Menhadirkan
informasi jual-beli/ kontrak rumah, mobil, motor, aneka barang kebutuhan
sehari-hari, hingga penawaran jasa. Acara ini dibawakan secara santai penuh
humor dan diselingi informasi menarik seputar kota Makassar.
|
4
|
MASALAH KITA
Waktu : Senin
– Jumat, 10.00 – 11.00 (60 menit)
Target : 20-40
tahun/ Umum
Format acara :
informasi
|
Membahas
solusi dari berbagai masalah bersama narasumber yang professional dan
berpengalaman (masalah etika dan keluarga, kesehatan, penyiaran public dan
instansi pemerintah, maslaah pengobatan alternative, dan masalah hukum).
Pendengar dapat berkonsultasi langsung melalui telepon atau SMS.
|
5
|
SIMFONI
KELUARGA
Waktu : Senin
– Sabtu, 11.00 – 13.00 (120 menit)
Target : 20-35
tahun/ Wanita
Format acara :
hiburan dan informasi
|
Menhadirkan
lagu indnesia popular berirama lembut tahun 90-2000an, disertai informasi
menarik dan bermanfaat bagi kaum wanita, antara lain: informasi, kesehatan,
fashion, tips dari balik dapur, dll.
|
6
|
PESONA
MANDARIN
Waktu : Senin
– Sabtu, 13.00 – 15.00 (120 menit)
Target : 15-35
tahun/ Umum
Format acara :
hiburan
|
Memutar lagu
mandarin popular tahun 90 – 2000an yang dipilih oleh pendengar via telepon
dan SMS. Acara ini juga dilengkapi informasi menarik selebriti Mandarin
|
7
|
PESONA K-POP
Waktu : Senin
– Sabtu, 15.00 – 16.00 (60 menit)
Target : 15-35
tahun/ Umum
Format acara :
hiburan dan informasi
|
Memutar lagu
korea popular yang dipilih oleh pendengar via telepon dan SMS. Acara ini juga
dilengkapi informasi menarik selebriti dan budaya korea.
|
8
|
EKSPRESI
Waktu : Senin
– Jumat, 16.00 – 18.00 (120 menit)
Target : 18-30
tahun/ Keluarga
Format acara :
hiburan dan informasi
|
Acara ini
menyajikan lagu Indonesia dan barat popular tahun 2000an, gossip dan info
actual sambil mengajak pendengar membahas topic informasi actual seputar
dunia selebriti dan informasi unik yang menambah wawasan.
|
9
|
TEMBANG
KENANGAN
Waktu : Senin
– Minggu, 18.00 – 20.00 (120 menit)
Target : 25-40
tahun/ Keluarga
Format acara :
hiburan
|
Memutar lagu
kenangan popular tahun 80 – 90 ansebagai teman anggota keluarga berisirahat
di rumah selepas beraktifitas. Acara ini juga disertai informasi-informasi
menarik mengenai artis yang dulu popular dimasanya.
|
10
|
INDOKU-INDOMU
Waktu : Senin
– Jumat, 20.00 – 22.30 (150 menit)
Target : 15-25
tahun/ Remaja
Format acara :
hiburan
|
Menghadirkan
lagu Indonesia terbaru dan terpopuler bagi pendengar yang ingin mengikuti
perkembangan musik indonesia, sambil mengirim pesat kepada keluarga atau
sahabat via telepon dan SMS.
|
11
|
KIDUNG MALAM
Waktu : Selasa
– Sabtu, 22.30 – 24.00 (90 menit)
Target : 15-35
tahun/ Umum
Format acara :
hiburan
|
Menyajikan
lagu bernuansa romantic untuk menemani istirahat malam pendengar diselingi
informasi kesehatan popular dan info unik
|
12
|
LINTAS 102,7
Waktu : Setiap
30 menit (1-2 menit)
Target : 25-40
tahun/ Umum
Format acara :
berita
|
Sekilas berita
actual yang sumbernya diambil dari situs berita atau surat kabar.
|
13.
|
BULETIN
TELSTAR
Waktu : Senin
– Sabtu, 11.00 – 11.05 (10 menit)
Target : 20-40
tahun/ Umum
Format acara :
Informasi
|
Sekilas berita
actual untuk permasalahan kamtibnas yang terjadi di seputar kota Makassar.
|
-
WEEKEND PROGRAM
NO
|
PROGRAM
|
DESKRIPSI
|
1
|
TELPON
(TERMINAL-PONSEL)
Waktu : Sabtu,
16.00 – 17.00 (80 menit)
Target : 15-30
tahun/ Keluarga
Format
acara : informasi
|
Talkshow
interaktif yang membahas permasalahan seputar handphone baik GSM maupun CDMA
bersama nara sumber seorang praktisi.
|
2
|
SECANGKIR
THE & KENANGAN
Waktu : Sabtu,
17.00 – 18.00 (80 menit)
Target : 30-45
tahun/ Keluarga
Format
acara : hiburan
|
Menyajikan
lagu-lagu kenangan popular tahun 60-70-an yang disertai kisah-kisah menarik
di masa silam
|
3
|
MUSIC
& MOVIE
Waktu : Sabtu
& Minggu, 18.00 – 22:30 (150 menit)
Target : 18-35
tahun/ Umum
Format
acara : hiburan & informasi
|
Acara
ini khusus bagi para pecinta film dan musik.dilengkapi dengan informasi film
BOX OFFICE selama sepekan,synopsis film-film terbaru dan lagu-lagu popular
baik lagu Indonesia maupun mancanegara.acara ini juga diselingi kuis
berhadiah menarik
|
4
|
FRESENTAR
(FRIEND-NYA TELSTAR)
Waktu : Sabtu,
200 – 22:30 (150 menit)
Target : 15-25
tahun/ Remaja
Format
acara : hiburan
|
Acara
khusus untuk remaja yang ingin memperluas pergaulan dengan cara berkenalan
antar sesame pendengar.disertai lagu-lagu Indonesia popular yang diselingi
dengan informasi maupun tips-tips dalam menjalin persahabatan
|
5
|
PAGI
INDAH SPESIAL
Waktu :
Minggu, 06.00 – 09.00 (160 menit)
Target : 20-40
tahun/ keluarga
Format
acara : hiburan & informasi
|
Acara
ini menemani pendengar di hari minggu pagi dengan lagu,kutipan berita-berita
menarik seputar kota Makassar dan informasi lifestyle.pendengar juga bisa
bergabung untuk menyampaikan ucapan selamat untuk keluarga atau sahabat yang
merayakan hari spesialnya.
|
6
|
BENGKEL
KITA
Waktu :
Minggu, 09.00 – 10.00 (60 menit)
Target : 18-30
tahun/ keluarga
Format
acara : informasi
|
Menghadirkan
konsultasi otomotif,termasuk kiat perawatan dan perbaikan kendaraan bermotor
roda dua dan roda empat bersama narasumber praktisi otomotif dari Sekolah
Menengah Kejurusan (STM) terkemuka di Makassar
|
7
|
20
TTI (20 TEMBANG TERPOPULER INDONESIA)
Waktu :
Minggu, 10.00 – 12.00 (120 menit)
Target : 18-30
tahun/ keluarga
Format
acara : hiburan & informasi
|
Menyejikan
20 lagu-lagu Indonesia terbaru dan terpopuler,disertai informasi menarik
seputar penyanyi yang lagunya terpilih dalam jajaran tangga lagu 20 tembang
terpopuler
|
8
|
PESONA
ORIENTAL
Waktu :
Minggu, 14.00 – 16.00 (120 menit)
Target : 18-45
tahun/ Umum
Format
acara : hiburan
|
Menghadirkan
lagu-lagu Mandarin,korea & jepang popular yang diselingi informasi
seputar artis-artisnya.pendengar juga dapat mengirim salam buat keluarga atau
sahabat tercinta via SMS
|
9
|
SUNDAY
MUSIC
Waktu :Minggu,
16.00 – 18.00 (90 menit)
Target : 15-25
tahun/remaja
Format
acara : hiburan
|
Pendengar
dihibur dengan lagu-lagu Indonesia dan barat popular disertai informasi
menarik & menambah wawasan seputar selebrity dunia
|
10
|
SIRAMAN
ROHANI KATOLIK
Waktu :
Minggu, 20.00 – 20.30 (30 menit)
Target : 18-45
tahun/ umat kristiani
Format
acara : agama
|
Program
yang mengangkat permasalahan seputar agama katolik yang bekerjasama dengan
keuskupan gereja katolik Makassar
|
11
|
KLINIK
RUMAH TANGGA BAHAGIA
Waktu : Senin
, 22.00 – 23.00 (60 menit)
Target : 25-45
tahun/ Umum
Format
acara : Informasi
|
Konsultasi
langsung dengan nara sumber dokter pakar sekssologi via telepon atau sms
seperta gangguan kehidupan seksual pasangan suami istri yang menghambat
keharmonisan rumah tangga
|
-
PROGRAM
RAMADHAN
1
|
TADARRUS TELSTAR
Waktu : Senin – Minggu, 02.00 – 03.00 (60 menit)
Target : 15-40 tahun/ Keluarga
Format acara : Agama dan Pendidikan
|
Pendengar diajak membaca ayatayat suci alquran via
telepon. Pemenang terpilih akan mendapatkan hadiah dari sponsor
|
1
|
SAJIAN
SAHUR
Waktu : Senin
– Minggu, 03.00 – 05.00 (60 menit)
Target : 15-40
tahun/ Keluarga
Format
acara : hiburan
|
Menyajikan
lagu Indonesia popular sebagai hiburan saat bersantap sahur, diselingi tips
berpuasa.
|
3
|
FARDHU
(Fadillah Ramadhan Menanti Bedug)
Waktu : Senin
– Minggu, 17.00 – 17.45 (45 menit)
Target : 15-25
tahun/ Keluarga
Format
acara : Agama dan Pendidikan
|
Program
ceamah, dan tanya jawab ustad dengan materi seputar ibadah ramadhan.
|
4
|
DIARY
RAMADHAN
Waktu : Senin
– Minggu, 04.45 – 18.10 (15 menit)
Target : 15-35
tahun/ Keluarga
Format
acara : hiburan
|
Sandiwara
radio berisi pesan-pesan keagamaan yang bersifat universal.
|
Program acara unggulan
-
Pagi
Indah
-
Simfoni
Keluarga
-
Ekspresi
F.
Proses Beriklan di Radio Telstar
Makassar
96.0 FM RADIO TELSTAR MAKASSAR juga
melayani kebutuhan para pemasang iklan. Dibawah kendali pihak Marketing” RADIO TELSTAR MAKASSAR mewujudkan semua
keinginan klien dalam mempromosikan produknya secara on air. beberapa iklan
yang mereka peroleh dari usaha mencari, juga dari pihak pengiklan.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Radio yang merupakan media massa elektronik memiliki
keunggulan sebagai alat media massa yang memberikan banyak informasi. Radio
Telstar Makassar adalah radio yang memilki ciri khas yang berbeda dari radio
lainnya. Radio Telstar merupakan radio dengan segmentasi
keluarga.
Radio
yang memaksimalkan semua upaya dalam pembentukan keluarga yang ideal, yaitu
keluarga yang bahagi, mapan secara ekonomis, pendidikan, social dan budaya,
dalam kapasitas sebuah radio sebagai lembaga penyiaran. memberikan berkontribusi
positif dan keuntungan bagi semua pihak yang terlibat sesuai dengan peran
masing-masing.
Dari
25 program acara yang disiarkan ada 3 acara unggulan, yaitu pagi indah, simfoni
keluarga dan ekspresi. Hal ini menunjukan bahwa pendengar lebih dominan mendengar
radio telstar saat pagi hari sambil mereka beraktifitas.
Pekerjaan
dalam radio Telstar telah dibagi sesuai peran masing-masing beserta tugas dan
tanggungjawab, sehingga memungkinkan untuk pekerjaan berjalan dengan baik.
B.Saran
Frekuensi Radio Telstar FM menunjukkan kesetiaannya
ke pada para pendengar sehingga Radio Telstar FM berusaha untuk memberikan
hal-hal baru, informasi baru bagi para pendengar setia Radio Telstar FM. Radio
FM diharapkan untuk terus lebih kreatif lagi, menjadi radio yang bisa memberikan
kesetiaan bagi para pendengar, mengerti apa yang diinginkan pendengar radio,
serta kreatif dalam menyajikan informasi.
0 komentar:
Posting Komentar
Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.